Thursday, February 10, 2011

Cerita Dalam Sebuah Tujuan

Baru saja pulang setelah dari siang tadi hadir di acara FORBIDDEN 2nd ANNIVERSARY " Cerita Dalam Sebuah Tujuan". Sebenarnya capek dan ngantuk berat, cuma pengen ngereview tentang acara ultah tadi, dan malesnya kalo besok besok udah lupa apa yang mo ditulis. Dan setiap review di blog ini adalah murni pendapat dan opini saya yang sotoy, bilamana ada yang membaca dan keberatan, silahkan saja komen, tapi sebatas komen loh. karna buat diprotes, kan udah dibilang ini pemikiran saya yang sotoy. hoho

Jadi ceritanya, Forbidden yang pernah saya sebutin di posting sebelumnya, mereka adalah band dengan aliran... emm, menurutt ilmu sotoy saya pop rock alternatif. Dengan Able (vokal), Bibink (Melody), Dori ( bass), Tirza ( drum) dan Albert ( additional guitar) dalam asuhan Abeng sang manager, hari ini tanggal 9 Februari 2011 genap berumurr 2 tahun.
Forbidden salah satu band Jambi yang sangat bagus. Dari permainan suara masing - masing bunyi, lagu, lirik, bahkan pemilihan judul lagu. Untuk lagu sih bisa dibilang mainstream, masih seputar percintaan, persahabatan. Tapi, pemilihan kata kata dan judul untuk tiap lagu terkesan pas, ngga berlebayan. Juga karna sound di tiap lagu yang bikin tidak begitu mainstream.
Salah satu band diidolakan, karna para personil dan karya mereka. Saya sendiri menyukai karya mereka.

Konsep anniversary mereka melibatkan beberapa band lainnya.
Jadi, Abeng nyampein kalo acara dimulai jam 3 sore, ternyata acara baru mulai sekitar jam 4 kurang. Diawali dengan Strawberry -Choi ( semoga saya ngga salah nulis nama ), band bagus dengan vokal personil yang tidak biasa, hampir seperti Aida 'Evo'. Banyak yang bilang suara si personil ngga bagus, tapi sebenarnya mereka yang bilang gitu udah terbiasa mendengar vokal 'kebanyakan' sih. 

Setelah 3 lagu (masing masing band ngebawain 3 lagu ) dari mereka, berlanjut ke Trust Me Naughty (TMN), salah satu band melodik di Jambi. Mereka udah pernah main di Jakarta dan mungkin ada di kota lain yang saya ngga tau. Sekilas tentang TMN, mereka awal berdiri di sekitaran jaman jaman Pee Wee Gaskins (kalo ngga salah) keanya sempat dicemooh deh karna pake synth. Taulaaaah dulu kan seIndonesia sempat marak yang namanya Anti-PeeWeeGaskins yang menurut saya masih mendingan pecinta ST12. Pake synth dikit udah dibilang PWG. Woiii, yang make synth bukan PWG doang, dari dulu juga band - band indie banyak yang make. Menurut saya juga dulu vocal Wisnu ngga gitu bagus, tapi karna mereka konsisten dengan musik dan band mereka, vocal Wisnu makin jadi dan ngga lagi jadi cemooh, kalo ada pun paling juga yang sirik krn band nya sendiri ngga maju maju.

Band ke-3 adalah StarLight. Saya ngga pernah tau band ini, mungkin juga baru dibentuk, tapi saya tau beberapa orang di dalamnya, dan beberapa orang itu punya band sendiri, jadi mungkin ini hanya band project-an. Bisa dibilang sih rock alternatif, karna mereka ngebawain lagu pertama yang saya ngga tau apa, The Cranberries, dan lagu yang saya inget judulnya, tapi lupa itu siapa yang ngebawa, Dance - Dance ( kalo ngga salah all american reject ya??? ), kelemahan sih cuma di vokal yang sebenarnya ngga lemah tapi hanya kurang 'dapet'.

Selanjutnya My First Impression. MFI udan nyiapin lagu Forbidden yang mereka aransemen ulang. Karna juga dari awal si Abeng bilangnya band pengisi kudu bawain lagu Forbidden yang diaransemen menurut karakter masing - masing band tapi ga tau deh ternyata cuma MFI yang ngelakuin. Mereka aransemen ulang lagu "Cerita Biasa" yang jadinya cukup beda dari yang asli.

Dan terakhir Mozza, band jazz acid asuhan Abeng juga, dan ngebawa 3 lagu juga. 
Mozza selesai di jam 5 lewat 14 menit deh kalo ngga salah, dan acara pun break.
 
Dan inilah kesalahan terbesar acara ulang tahun ini : Para personil Forbidden tidak ada di venue pada saat band - band pengisi main. Saya nyampe di venue sekitar jam 3, saat itu Forbidden sedang checksound, setelah checksound mereka pada pulang untuk mandi dan bersiap dan datang lagi sekitar jam setengah 6.
Mestinya mereka pulang dan bersiap sekitar jam 1-an dong, dan gitu acara dimulai seharusnya mereka ada disana, karena band - band pengisi menyiapkan lagu, latihan, bahkan mengaransemen ulang lagu Forbidden untuk acara ulang tahun band itu. Jadi sangatlah lucu dan ngenes, 'kado' tidak dilihat oleh yang berulang tahun, terkesan ke 4 band ini hanyalah pengisi waktu.

Acara dimulai lagi sekitar pukul 8 malam. Dan ini malam Forbidden banget. Dari sore sudah diumumkan bahwa malam akan ada pemutaran film mereka, ternyata yang dimaksud adalah slide show foto - foto mereka. Dan gitu slide show hampir selesai, para personil naik dari samping panggung, dan langsung ngebawain lagu pertama ( my bad, saya ngga inget urutan lagu yang mereka bawain tadi ). Setelah beberapa lagu, ada semacam surprise dari para dharma wanita (pacar pacar personil. hehhe) Forbidden dan Abeng, yaitu kue tart yang cukup besar, lalu doa bersama, ucapan terima kasih dan harapan para personil pada orang tua, teman, sahabat dan Ourbidden ( sebutan untuk fans Forbidden ),juga dari sang manager.

Lalu ada video beberapa aksi panggung ( halah ni bahasa aksi panggung :P) Forbidden di berbagai acara. Juga video dan slide show mereka saat menjadi pemenang acara Sprite D'Plong. Untuk bagian yang Sprite D'plong rasanya agak sedikit berlebihan karna terjadi pengulangan beberapa kali untuk foto - foto yang sama. 
Dan sebenarnya, saya menantikan tampilan video dari para teman, sahabat, keluarga dan personil Forbidden sendiri tentang band ini, tentang kesan dan harapan. Mungkin cukup menarik menampilkan hal tersebut, tapi ternyata tidak ada. Mungkin karna keterbatasan waktu persiapan.

Ngga ngehitung berapa lagu yang mereka bawain, tapi kayaknya ada sekitar 3 lagu mereka yang belum atau jarang atau emang lagu baru yang mereka bawakan malam ini. Dan dari di beberapa lagu, personil menceritakn kisah tentang lagu tersebut dengan grogi dan malu malu. hehe.

Dan pemikiran saya, mungkin lebih baik apabila band - band yang bermain sore, dimainkan di malam hari, sekitar jam 7 biar tidak kosong, dan rasanya lebih enak dilihat. Jadi ya acara dimulai dari jam segitu, dibuka dengan band - band pengisi yang bermain untuk Forbidden dan mengucapkan selamat langsung pada mereka ( di sore hari sih band - band itu pada ngucapin selamat ulang tahun yang kedua, tapi sayang nya yang berulang tahun tidak ada di venue ) barulah serangkaian acara anniversary dan semacam konser dari Forbidden. Jadi bisa lebih meriah rasanya.

Tapi, over all Forbidden menghadirkan sesuatu yang berbeda. Semua yang datang terlihat cukup terhibur dan menikmati. setau saya baru ini band Jambi yang ngadain acara yang lumayan besar anniversary nya. Mereka bekerja keras untuk ini. Semoga Forbidden bertahan sangaaaat lama, dan semakin berkarya. Lebih lagi menjadi band yang High Quality Low Profile. SALUTE untuk kalian. 




No comments:

Post a Comment