Saturday, September 11, 2010

hari#7 mungkin,perbedaan berbeda karna kita membedakan


wah. sepekan udah saya nulis tiap ari. walau tulisannya randomdan nga indah, tapi nga nyangka. dan nga tiap hari juga sih,kemarin udah bolong sekali.huhuhu.

tiap hari saya dibikin bingung mo nulis apa. Sebenarnya, kenapa juga sayamesti bingung bingung mikirin mo nulis apa. toh #30harimenulis ini bukan kompetisi atau apalah yang ada hadiah berbentuk fisik atau apa. tapi saya sangat tertarik dan tertantang, dan pengen tau, pengen buktiin saya bisa juga konsisten, hal yang sangat susah di saya nya. itu sih hadiah sebenarnya dari #30harimenulis ini.

sebelumnya seperti biasa saya mikir mo nulis apa, trus saya liat posting twitter agil tentang review film cin(T)a, juga saya ada liat blog seseorang yang ikutan #30harimenulis juga, yang intinya tentang hubungan beda agama.
Saya, sangat sangat punya cerita seperti itu. dan terpikir lah buat nulis itu. toh sekarang juga lagi heboh tentang pemikiran yang sangat disayangkan dari seorang Pastor Jones yang mo bakar Al-Quran. Juga sebelum nya heboh tentang FPI yang merusak kedamaian antar umat beragama di Indonesia.

saya lahir dan besar di keluarga Katholik. Ayah saya Katholik, Ibu saya dulu nya Kristen, setelah menikah dengan ayah, ibu menjadi seorang Katholik. Katholik kami biasa saja, tidak fanatik, yang penting pribadi kita masih menyadari dan dekat dengan Tuhan. Kami juga terbiasa bersosialisai denga siapa saja, tidak menjelekkan agama lain, karna sadar, kalau ada yang jelek,itu bukan agama nya, tapi individu atau kelompok didalamnya.
saya err,, 4x deh pacaran. dan belum pernah dengan yang seagama atau paling tidak kristen. selalu dengan muslim. nga disengaja atau gimana, tapi ya dikasi jalan nya itu dengan Tuhan. (see, semuanya kan yang ngatur Tuhan, Tuhan saya aja ngasinya yang berbeda yang agama kok. kenapa kita yang sewot dengan yang berbeda agama?! ) Tidak seperti orangtua batak-non muslim lain, yang melarang keras anaknya pacaran dengan yang berbeda agama, orangtua saya tidak pernah protes. . bahkan,97% teman dan 99% temen dekat saya adalah muslim. tidak ada larangan sama sekali. saya bersyukur untuk itu.

Pacar terakhir saya Hendri. walau cuma 1 tahun berapa bulan, tapi dia yang terlama. kita dulu ngerasa sangatsangat cocok. putusnya karna kebawelanblablablaah laah. sampe sekarang kita masih sangat dekat, dan orang juga masih ngira pacaran, Ibu saya yang walau berkalikali udah saya bilang putus juga masih ngira pacaran. padahal tidak sodarasodara, kita sahabatan.
Dari dulu, saya nga pernah mikirin nikah, kepengen gitu juga nga. dan dia, orang pertama yang saya pengen menikah dengan.
kita cocok. sangat. musik, pemikiran, bisa membaca hati masing - masing. dia bahkan pernah bilang, kalo aja kita seagama,dia udah ngelamar saya. hihii, lucu ngingetnya.
kita nga pernah kencan dengan hal - hal mahal atau mewah atau standar mahal. kita pergi ke tempat yang gratisan. ke rumah temen, nongkrong berjamjam ngomongin musik. ke wtc cuma keliling keliling palingan beli eskrim trus nongkrong di dermaga, bicara tentang apa saja, kebanyakan sih tentang musik.
Walau sangat sadar, hubungan kami tidak akan ada ke depannya. kita berbeda agama. dan ras. dan kita tidak punya pikiran yang sejalan tentang itu. maksudnya, saya berpikir kalau pun kita ingin 'sesuatu' kita bisa aja nikah tetap di jalan masing - masing. toh juga banyak kok yang begitu. bahkan saya punya oppung yang Lakilaki nya Kristen, wanita nya muslim. bertahan sampai sekarang,sampai punya beberapa cucu.saat Idul Fitri, mereka merayakan. Natal pun juga. menurut saya itu sangat indah dan keren.
Dia tidak. tidak bisa satu atap itu berbeda. tapi untuk menjadi satu pun tidak bisa. saya nga mau berubah, saya udah sangat nyaman dengan cara memanggil dan menyembah Tuhan dengan cara yang saya anut dari lahir. dia juga begitu, sudah nyaman dengan caranya. saya tidak akan pernah meminta nya mengikuti, dia pun tidak. kalau pun saya ingin pindah,katanya, itu harus keinginan saya sendiri.tidak ada paksaan.dia pengen, kalau sya mengikuti dia, itu karna saya mau mengikuti Tuhan nya, bukan cuma mengikuti dia. saya kekeuh, itu hanya perbedaan cara memanggil dan menyembah, toh (menurut saya pribadi) Tuhan itu hanya 1 kok. itu sama aja seperti dia memanggil ibu nya "Ibuk",dan adiknya memanggil ibu mereka "mamak". dan dia bilang,ini soal keluarga juga. dan dia benar. tidak banyak keluarga di Indonesia yang terbuka dengan masalah semacam itu. dan sepertinya keluarga kami juga termasuk di dalamnya. akan sangat menyakitkan jika kita menyakiti keluarga.benar.
buntu kan.
tetapi kita tetap saling sangat menyayangi.dengan kebuntuan itu, kita tetap bergandengan.
kita selalu bareng. teman dia teman saya.teman saya teman dia juga. sampe sekarang.
dan di bullan-apa-gitu-saya-lupa, cipirit, motor mogok, dan emosi yang bikin kita putus. huahahahhahahahaaa.
dan sampe sekarang, nga tau udah berapa taun sejak kita kenal ( 3taun kalo nga salah), kita masih sangat dekat. ntah udah berapa kali kita bahkan bertengkar hebat-sangat hebat sampe kita ntah berapa kali bilang nga mau kenal lagi satu sama lain. dan selalu tidak-mau-kenal-satu-sama-lain itu cuma bertahan semalam,paling lama 1 hari 1 malam. hahahahaha.
dan emang Lebay banget kita dulu mikir nikahnikahan. tapi dulu tuh kayak,err you know, meet mr.really right one. nga mau lepas dan dilepas.hehehee

sejak putus, dia 1 kali pacaran ( yang ketauan di saya, itu pun ketauannya dengan cara nga enak. nga tau deh berapa kali yang nga ketauan.hahaha) dan saya belum pernah. walau saya 2x beneran suka sama orang (dan nga tau berapa puluh kali sukasukagituaja :P ) sebut saja bassis dan soulman. hahaha. dan mereka nga suka sama saya -pemikiran pasti saya sih,karna toh mereka nga tau kalo saya suka. ;p -
kita masih aja kemana mana ampir selalu bareng, ( sebenarnya kadang bikin males, karna semakin menjauhkan jodoh rasanya.hahaha. :P)  dan kita masih melakukan hal yang sama, nyanyi nga karuan di atas motor dengan lagu lagu 'minoritas'.
saya masih menyayangi dia, hanya dengan jalur yang berbeda. tidak seperti dulu. karna udah banyak juga sebenarnya pandangan, sikap, dan pola yang berbeda dan tidak terlalu menyukai hal yang berbeda itu satu sama lain. gimanapun, dia adalah orang pertama, kakak, adik, sahabat, musuh buat saya. nga mau ah putus hubungan silahturahmi dengan orang yang sebenarnya ngabagusbagusamatsifatnya itu.hehehe.

dan jujur aja, saya masih nganggep nikah beda agama itu keren dan indah. karna disaat diluar sana orang perang krn agama, kita bisa loooh bersatu suci dalam pernikahan dan beranakpinak.
dan jujur lagi,saya kepengen kea gitu. :)
tapi saya nga pernah memandang orang apalagi cowo buat disuka dari agama. saya nilai dari musik. krn musik itu kepribadian. dan tidak muna', saya juga liat fisik. walau nga jadi patokan emang. ntah kenapa ya nurut saya cungkring dan rambut gondrong ikal itu SUPERHOOOOOTTTTT!!!!!!! hahahhahaa :D
tapi , soal itu urusan Gusti yang diatas. saya sih nerima nerima aja.

berpikir jernih. Perbedaan bukan mesti kita jadi ngebedain,memilah,dan memisah.



ps: ada film dari angga dwimas sasongko ( walau rambutnya nga ikel,tapi dia di top 5 pria SUPERHOOOOOTTTTT!!!!!!! versi saya ),judulnya Strangely Beautiful  yang bercerita tentang perbedaan yang sama yang dialaminya dengan pacarnya, anggia kharisma. semoga mereka tetep bisa bersatu, selamanya. :)


No comments:

Post a Comment